6 Syarat Dalam Mencari Ilmu


Assalamualaikum Wr. Wb Sahabat Fillah

        Diartikel kali ini saya mau sharing nih, tentang "Merhasilnya ilmu karna 6 perkara" di ambil dari kitab Ta'lim Mutaalim yang dikarang oleh Syekh Az-Zarnuji. dalam kitab ini Az-Zarnuji menisbatkan dua bait syair itu kepada 'Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu yaitu:

بسم الله الرحمن الرحيم
اَلَا لَاتَنَالُ العِلْمَ اِلَّابِسِتَّةِ    سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَابِبَيَانِ
Akan ku ceritakan terkumpulya dengan jelas       Ingatlah enam syarat berhasilnya ilmu

   ذُكَاءِوَحِرْصٍ وَاصْطِبَارٍوَبُلْغَةٍ    وَإِرْشَادِأُسْتَاذِوَطُوْلِ زَمَانِ
    Juga didikan guru dan waktu yang lam           Yaitu cerdas, semangat, sabar, ada biaya
Penjelasan : Dalam menuntut ilmu dibutuhkan sebuah syarat,dan syarat menuntut ilmu itu ada 6 perkara yaitu : kecerdasan, semangat, sabar dan pakai ongkos (biaya) Petunjuk (bimbingan) guru dan dalam tempo waktu yang lama. Demikianlah keterangan singkat dari ustad kami. Jadi dalam menuntut suatu ilmu sangat dibutuhkan sekali keenam syarat tersebuat karna tanpa itu semua, kita tidak bisa belajar ilmu dengan baik dan maximal, lebih jelasnya :

1)  ذُكَاءِ  (Cerdas)

Cerdas disini buka berarti penuntut iilmu itu haruslah seseorang yang cerdas dalam berbagai hal dan pengetahuan, melainkan cerdas disini adalah seorang penuntut ilmu yang memiliki pola fikir yang jelas dalam artian tidak gila, bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk mana yang merah dan mana yang putih.

2)    حِرْصٍ  (Semangat)
             Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.

Jadi dalam menimba suatu ilmu kita haruslah mempunyai semangat dalam belajar, karna tanpa sebuah kesemangatan dalam belajar kita mungkin tidak bisa mendapatkan apa yang ingin kita dapat dalam sebuah pelajaran.

من جدّ وجد ; Barang Siapa yang bersungguh-sungguh maka akan mendapatkanya. - ” there is a will there is a way :Dimana ada kemauan, pasti disitu ada Jalan “

3)     اصْطِبَارٍ (Sabar)

Dalam proses menimba ilmu kita juga diharuskan untuk bersabar, bersabar disini bersabar yang sifatnya aktif bukan pasif. Sabar yang aktif adalah yang mempunyai mentalitas teguh dalam belajar,  bukan yang bersifat pasif. Artinya nerima apa adanya tanpa melakukan usaha untuk memperbaiki keadaan. Ingat..!  من صبر ظفر”. barang siapa yang bersabar maka dia akan beruntung.

4)   بُلْغَةٍ   (Ongkos)

maksudnya itu dalam menimba suatu ilmu, tentulah kita sangat dan memang perlu adanya suatu ongkos untuk belajar, karna dalam sebuah perjuangan pastilah ada yang mesti kita korbankan,dan dalam menimba ilmu ini, itu adalah ongkos. Mungkin ongkos disini yang lebih lazim adalah seperti untuk uang yang sangatlah diperlukan untuk keperluan sehari-hari contohnya  : membeli kitab,buku, alat tulis, membeli peralatan untuk mandi etc.
Bahkan ada contoh para imam, Imam Malik menjual salah satu kayu penopang atap rumahnya untuk menuntut ilmu. Imam Ahmad melakukan perjalanan jauh ke berbagai negara untuk mencari ilmu. Beliau janji kepada Imam Syafi’i untuk bertemu di Mesir akan tetapi beliau tidak bisa ke Mesir karena tidak ada bekal. Seseorang untuk mendapat ilmu harus berkorban waktu, harta bahkan terkadang nyawa.

5)   إِرْشَادِأُسْتَاذِ  (Petunjuk Guru)

Dalam menimba suatu ilmu, kita juga harus ada gurunya, karna bagaimana kita bisa memahami sebuah pelajaran atau sebuah isi dari kitab-kitab yang kita pelajari kalo kita tidak ada petunjuk dari guru. Karna jika kita tidak belajar tanpa seorang guru, dikhawatirkan akan terjadi sedikit kesalah bahkan sampai kesalah yang sangat fatal.

6)  طُوْلِ زَمَانِ    (waktu panjang) 
             Nah, dalam penjelasan ini kita sebagai penuntut ilmu sangat memerlukan waktu yang panjang untuk mencari ilmu agar ilmu yang kita cari itu berkah dan tidak mudah lupa, sebab tidak ada ilmu yang bisa didapatkan dengan cara sepontan atau singkat. kareana apabila kita mencari ilmu dengan singkat maka ilu yang kita dapat jugapun akan menghilang dengan singkat juga.
        Hmm, mungkin cukup sampai sini saja yah sahabat sharing kali ini, kita lanjut nanti. Terimakasih telah membaca artikelnya. semoga berkah walau sedikit.

Assalamualaikum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TOHAROH

Harapan tempat magang dan selama magang